Kepraktisan Semprotan Sakit Gigi dalam Situasi Darurat

Gambar
Semprotan Sakit Gigi - Sakit gigi bisa datang tiba-tiba dan menyebabkan ketidaknyamanan yang tidak tertahankan. Terkadang, perawatan gigi segera tidak tersedia, terutama di situasi darurat atau di tempat yang sulit dijangkau.  Dalam keadaan seperti ini, semprotan sakit gigi dapat menjadi solusi sementara yang praktis untuk meredakan rasa sakit dan memberikan kenyamanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kepraktisan semprotan sakit gigi dalam situasi di mana perawatan gigi segera tidak tersedia. Apa itu Semprotan Sakit Gigi? Semprotan sakit gigi adalah produk yang dirancang khusus untuk memberikan bantuan cepat dalam meredakan rasa sakit gigi sementara. Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti benzocaine atau lidocaine yang bekerja sebagai anestesi lokal, membantu menghilangkan sensasi nyeri di area gigi yang sakit. Kepraktisan Semprotan Sakit Gigi dalam Situasi Darurat Penggunaan yang Mudah Semprotan sakit gigi dapat digunakan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu peralatan

Sakit gigi ganggu aktivitas, cukupkah hanya didiamkan saja tanpa diobati?

Sakit gigi ganggu aktivitas, cukupkah hanya didiamkan saja tanpa diobati? 



Hai, siapa disini yang masih ngerasa, lebih baik sakit hati dibanding sakit gigi. Rasanya kedua hal tersebut sama saja, sama-sama mengganggu aktivitas keseharian kamu. Sakit berdenyut pada gigi yang nggak ada ujungnya buat kamu pengen teriak tapi nggak bisa, karena semakin banyak bicara semakin nyeri. Serba salah, memang!


Baiknya gimana yah, kalau udah ngerasa sakit gigi kayak gini, apakah perlu ke dokter atau cukup didiamkan saja, nanti juga nyerinya hilang. Kalau kamu masih berpikir kayak gini, simak penjelasan singkat tentang penyebab apa saja yang bikin sakit gigi dan langkah apa saja yang perlu kamu lakukan. 


Penyebab umum sakit gigi 


  1. Kerusakan pada gigi

Ketika penggunaan sikat gigi yang tidak baik, seharusnya dapat membersihkan keseluruhan gigi namun, masih ada tersisa bakteri dan makanan yang tertumpuk, hal ini bisa menghasilkan zat asam yang dimana bisa merusak enamel gigi sehingga hal ini yang menjadi sebab timbulnya lubang pada gigi. 

  1. Memiliki Gigi yang sensitif

Pada makanan yang memiliki suhu panas atau dingin, ada beberapa orang yang mengalami gigi sensitif terasa linu jika memakan atau meminum dengan suhu yang dingin atau panas. Umumnya, penderita gigi sensitif menyukai makanan dan minuman yang manis, menyikat gigi terlalu cepat dan keras. 

  1. Radang gusi 

Radang gusi biasa terjadi juga pada anak yang sedang dalam pertumbuhan gigi. Namun, biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan gusi bengkak atau meradang. 


Setelah dijelaskan beberapa penyebab sakit gigi, apakah ada di dalam salah satunya? Sakit gigi memang tidak sampai membahayakan nyawa, namun tetap harus mencari tahu penyebab sakit gigi, agar tepat pengobatan apa yang harus dilakukan. 


Jika sakit gigi didiamkan, bisa saja banyak bakteri yang masuk ke dalam gigi, terlebih lagi jika memiliki gigi berlubang. Bila menyikat gigi dilakukan terlalu cepat dan keras, hal ini tentu saja akan meninggalkan sisa makanan yang berada di dalam mulut. Hal ini bisa menimbun banyak bakteri di dalam gigi dan menyebabkan sakit gigi yang tidak tertahankan. 


Bagaimana cara ampuh untuk meredakan sakit gigi? 


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah, terlebih jika gangguan sakit gigi terjadi pada anak-anak dan ibu hamil atau menyusui yang tidak boleh sembarangan menggunakan obat. 


  1. Berkumur dengan air garam

Salah satu hal paling mudah yang bisa ditemukan di rumah untuk meredakan sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Cara penggunaannya cukup dengan air hangat dan dicampurkan dengan 1-2 sendok garam, kumur-kumur dengan menyeluruh lalu buang. 

  1. Kompres dengan Es

Hal ini juga bisa membuat gigi agak sedikit terbantu dari rasa sakit nyeri. Cara penggunaannya siapkan handuk dan masukan es batu dalam handuk tersebut lalu kompres di sekitar area sakit gigi.

  1. Cukup praktis memakai Spray gigi

Pemakaian spray gigi cukup mudah dan praktis, dan mampu mengobati penyakit yang ada di dalam gigi. Cara penggunaannya hanya disemprot saja pada area yang sakit. 


Mungkin banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat dan kegunaan dari spray gigi. Sebenarnya kegunaan dari spray gigi sama seperti obat sakit gigi pada umumnya. Lalu, apakah kelebihan dari spray gigi tersebut? 


  1. Lebih efektif dalam penyembuhan

Penggunaan spray gigi dianggap cukup praktis dan diyakini lebih efektif untuk mengobati sakit gigi, terutama membantu pemulihan pada gusi pasca operasi gigi. 

  1. Ampuh mengusir bau mulut

Obat yang terkandung dalam spray gigi memiliki kandungan anti bakteri yang membuat penggunanya terhindar dari bau mulut. 


Bagaimana penggunaan yang tepat untuk memakai spray gigi? 


Setiap produk ada yang harus dikocok terlebih dahulu, namun ada pula yang langsung bisa disemprot pada area sakit gigi. Jika ingin mengobati gusi atau tenggorokan, semprotkan pada jarak 2.5 sampai 5 cm dari area yang akan disemprot. Tunggu sampai 1 menit, lalu muntahkan dengan air liur. 


Apakah spray gigi aman untuk anak dan ibu hamil? 


Biasanya spray gigi terbatas untuk penggunaan pada anak dan ibu hamil. Namun, ada rekomendasi spray gigi yang tepat untuk sakit gigi.



Cooling 5 plus adalah antiseptik mulut dalam bentuk spray yang cukup aman dipakai untuk usia anak lebih dari 3 tahun. Cukup jarang ditemukan pada produk lain yang aman dipakai untuk anak, namun untuk pada ibu hamil atau menyusui produk Cooling 5 plus belum dapat dikategorikan, perlu dikonsultasi dengan dokter. 


Cooling 5 plus dalam bentuk spray yang diproduksi oleh Novell Pharmaceutical Lab. Obat ini mengandung Phenol Crystal dan Benzocaine yang merupakan antiseptik dan anestetik lokal yang ampuh membasmi kuman serta mengatasi nyeri dengan cepat. Dengan rasa jeruk yang nyaman dan praktis, cocok digunakan untuk meredakan rasa sakit pada sakit gigi, radang gusi, dan nyeri karena tumbuh gigi.


Ukuran 15ml yang mudah dibawa kemana-mana saat travelling sehingga tak perlu khawatir lagi jika terjadi sakit gigi tiba-tiba. Obat ini bebas terbatas sehingga bisa gampang ditemukan di berbagai apotik, namun sekali lagi untuk ibu hamil atau menyusui disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter. 

https://mediaindonesia.com/humaniora/437994/empat-pilihan-obat-yang-ampuh-atasi-sakit-gigi








Komentar

  1. ukurannya mungil, bisa dibawa pas traveling juga yha
    kyknya perlu aku infokan k sodaraku. ada yg sering sakit gigi mendadak

    BalasHapus
  2. Wah antik nih. Obat sakit gigi sekarang gaperlu direlan ternyata ya.. Bisa spray dan cukup menenangkan saraf gigi yang bikin puyeng kalau lagi ngambek. Nice info kakk

    BalasHapus
  3. Baru tahu kalau ada obat gigi jenis spray gini. Wajib sedia di rumah nih, soalnya aku dan suami sering banget sakit gigi, wkwk.

    BalasHapus
  4. Beuhhh sakit gigi ini beneran ganggu aktivitas banget. Aku sih pertolongan pertamanya suruh kumur sama air garem. Tapi sekarang enak ya udah ada obat spray gigi yang praktis. Mana lebih efektif dan juga ampuh buat ngatasin bau mulut yahh.

    BalasHapus
  5. Mungilnyaaaa. Bisa dibawa ke mana-mana yah. Jadi kalau lagi di luar kota tiba2 sakit gigi, bisa pakai spray ini dulu sebelum ke dokter gigi.

    BalasHapus
  6. Kemarin gusiku juga bengkak dan ini sakiiitt banget, karena ada kaitannya dengan tenggorokan. Aku jadi kesulitan menelan makanan. Disaranin sama sahabatku buat cobain make Cooling 5 plus. Alhamdulillah,
    Perlahan bisa kembali normal.

    BalasHapus
  7. Kemasannya fleksibel untuk dibawa-bawa kemana saja, jadi ketika sakit gigi mendadak, udah siap deh penangkalnya. Wajib ada nih di tas.

    BalasHapus
  8. Wajib nih dicoba..apalagi langganan sakit gigi. Perlu jadi barang yang harus dijadikan barang penting saat dimana saja

    BalasHapus
  9. Asliii, sakit gigi tuh sesuatu, bisa ganggu aktivitas , huhuhu
    Senangnya ada Cooling 5 plus , obat spray yang mengandung Phenol Crystal sebanyak 1,4 persen , untuk atasi bau tidak sedap pada mulut, sakit pada gusi, membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan serta meredakan sariawan.

    BalasHapus
  10. Wah, baru kenalan nih saya dengan cooling plus ini. Bentuknya spray, pemakaiannya mesti lebih mudah ya. Menarik banget untuk dicoba kalau sedang ada masalah dengan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. ada sodaraku yg seriiingg sakit gigi.
      keknya aku rekomen ini buat dia ahh
      makasi ya

      Hapus
  12. Wah makasih infonya kebetulan ibu dan suami sering sakit gigi kalau lagi kumat. Bisa jadi untuk disimpan di rumah nih

    BalasHapus
  13. Wah bisa jadi solusi praktis nih saat sakit gigi, sakit gigi kan menyiksa sekali. Mana ini. Bentulnua spray jadi lebih praktis

    BalasHapus
  14. Baru ngeh ada cooling 5 yang ini, biasanya ga pakai yang ini sih
    Wah bisa dicoba nih jika mengalami keluhan terkait gigi dan bau mulut

    BalasHapus
  15. sakit gigi itu memang bikin senewen ya, mbak soalnya bisa merembet ke hal lain juga. berarti cooling 5 ini semacam pereda sakit gigi gitu ya, mbak sebelum kita ke dokter buat mengetahui sakitnya karena apa

    BalasHapus
  16. Duh pernah banget kek gini, sakit gigi sampe ngga bisa ngapa2in dan mau makan pun maless, akhirnya ya lemess, huhu kalo bisa sih gamau sakit gigi lagi gitu hwaaa T_T

    BalasHapus
  17. kak saya baru tahu nih ada spray gigi ( duh kemana saja saya selama ini) fix besok beli buat jaga-jaga kalau pas gigi sakit

    BalasHapus
  18. Iyeeeyy ada obat sikat gigi bentuk spray! cocok ini kalau lagi sakit gigi boro-boro pengen minum obat, nyut=nyutan yang ada... Dengan adanya obat bentuk spray ini lebih baik dan lebih friendly buat yg sakit gigi.

    BalasHapus
  19. Wah recomended nih kayaknya ya kak, aku juga sering sakit gigi, atau kadang gusi yang bengkak, perlu stok obat sakit gigi berbentuk spray gini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat Sakit Gigi Spray Untuk Atasi Berbagai Masalah Sakit Gigi dan Mulut

Mengenal Potensi Diri